Social Icons

Pages

Kamis, 03 Februari 2011

Buah dari Sebuah Senyuman

Pernahkah Anda berfikir bahwa sebuah senyuman yang tulus bisa berakibat luar biasa bagi diri kita sendiri dan orang lain?? Contoh paling mudah adalah ketika kita sedang terjebak kemacetan di jalan sepulang kita bekerja. Jika kita cemberut dan jutek teruz sepanjang kemacetan itu, percayalah perjalanan akna terasa membosankan, lama, dan seakan kita adalah orang yang paling sengsara di dunia. Tapi jika kita tersenyum, niscaya perjalanan akan terasa ringan (karena kita berada di mobil, bukan berjalan kaki...hehe), dan sampai di rumah dengan perasaan nyaman. Dan ternyata hal ini berlaku di semua segi kehidupan. Dengan sebuah senyuman, segala kesulitan dan beban hidup serasa sedikit lebih ringan.
Namun ada kalanya kita lupa tersenyum, mungkin karena pekerjaan yang menumpuk, banyak hal yang harus dikerjakan, dikejar dead-line, dan mungkin sedikit terbawa emosi. Terutama jika kita berada di lingkungan kantor. Muka menjadi tegang, mata melotot (munkin bukan tegang krena bnyak tugas, tp krena sekertaris bos lewat..hehe), kadang juga dissertai wajah yg memerah dan kaku.
Sejalan dengan nilai - nilai Kompas Gramedia Values yaitu Caring, Credible, Competent, Competitive, & customer delight, bisa disimpulkan bahwa senyum adalah modal dasar utama untuk melaksanakan kelima point tersebut. Mengapa?? Karena dengan senyum berarti kita telah membuka diri, memperhatikan orang lain, dan menjadi pribadi yg menyenangkan. Berawal dari senyum akan terbentuk pribadi yang bisa menghargai orang lain, peduli terhadap sesama, saling memahami, toleransi, dan tidak membeda-bedakan orang lain. Maka tidak sulit untuk menerapkan Caring dalam sikap kita sehari-hari. Senyum adalah salah satu bentuk perhatian kita terhadap orang lain.
Dengan menjadi karyawan yang Care, akan menjadi mudah juga bagi kita untuk menjadi karyawan yang bertnaggung jawab, tepat pada janji, dapat dipercaya, berfikir positive, terbuka (asal jgn buka baju...), fair, dan setia pada lembaga dan profesi. Jika sudah sampai pada tahap ini maka Anda sudah menjadi karyawan yang Credible. Senyum adalah satu bentuk kredibilitas kita yang paling kasat mata.
Sudah 2 Values dapat kita terapkan hanya denga bermodal senyum. Lalu bagaimana dengan Competent?...Mudah! tetaplah tersenyum dan ramah terhadap orang lain, maka Anda akan mendapat banyak teman, tambah wawasan, tambah ilmu, mengembangkan diri, mudah bersinergi, dan proaktif. Anda akan malu jika Anda bekerja tidak tuntas & tidak efisien kepada orang lain yang mengenal Anda bukan??Tersenyumlah, maka kompetensi Anda akan berkembang dengan sendirinya karena Anda jadi punya banyak teman.
Bagaimana dengan Competitive? Berteman akrab tapi kok bersaing?Lalu, apa salahnya dengan itu? Bersaing dalam pekerjaan dengan semangat positif, untuk hasil terbaik, dengan pikiran kreatif dan inovatif akan mudah dilakukan jka kita banyak teman yang saling mendukung. Justru pada nilai ini, dengan senyum dan banyak teman, kita belajar untuk berfikiran terbuka, berani ambil resiko, tidak mudah puas, dan terutamamenjalin dan mengelola jejaring.
Pada Value terakhir, kita justru diajak untuk lebih sering tersenyum. Terutama kepada oramg-orang yang membutuhkan bantuan kita. Mereka adalah customer kita, yang bisa berarti rekan sekerja kita jika kita berkarya dalam Function Unit. Kalau kita banyak teman dan terbiasa senyum, mudah sekali menghadapi dan menangani keluhan customer, bahkan yang paling sulit sekalipun. Customer Delight mau tidak mau harus dimulai denga senyum, dan kita harus selalu membiasakan diri untuk tersenyum kepada customer. Bahkan kepada siapa saja. Kepada atasan, sesama karyawan, OB, siapa pun itu!!!
Nhah, mulailah membiasakan diri tersenyum mulai sekarang. Senyum-senyum sendiri juga boleh...hahahahahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar